KKN-PPM Reguler UMBY Kelompok 11 berikan Pengetahuan Pentingnya Teknologi Fermentasi Pakan Dikala Musim Kemarau

GUNUNGKIDUL,(JOGJABERKABAR) - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi dan praktek  pembuatan fermentasi pakan di Padukuhan Sembuku, Dadapayu,  Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta.

Bertemakan "Pengetahuan Pentingnya Teknologi Fermentasi Pakan Dikala Musim Kemarau di Dusun Sembuku", mahasiswa KKN-PPM Reguler Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok  11 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Imam Suharjo, S.T.,M.Eng.  sukses mengadakan sosialisasi tentang pentingya fermentasi pakan bagi peternak di kala  musim kemarau,  yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2023.

Dalam sosialisasi fermentasi pakan (silase) kali ini, mahasiswa KKN-PPM UMBY kelompok 11 memberikan pengetahuan kepada masyarakat sembuku khususnya pentingnya  teknologi fermentasi pakan bagi peternak di waktu musim kemarau tiba.

Pembuatan fermentasi pakannya sangat mudah sehingga warga bisa membuatnya sendiri dirumah, bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan fermentasi pakan sangat mudah didapat,  karena di Desa Dadapayu khususnya di Dusun Sembuku limbah pertanian sangat melimpah dan hampir setiap warga yang mempunyai ternak memiliki kebun pertanian sendiri sehingga jika limbah pertanian dan perkebunan bisa dimanfaatkan maka akan sangat membantu masyarakat dikala musim kemarau tiba.

“Diharapkan dari kegiatan pelatihan pembuatan fermentasi pakan dapat mengatasi susahnya pakan ternak di kala musim kemarau tiba dan taraf hidup masyarakat serta sebagai solusi yang tepat dalam pengawetan bahan pakan ternak di kala musim kemarau’’ ujar Tulus Setiawan selaku ketua kelompok 11 KKN-PPM reguler UMBY. 

Tidak hanya menyampaikan tentang fermentasi pakan yang disampaikan oleh kelompok 11 KKN-PPM UMBY melainkan juga demo cara pembuatan fermentasinya. Diharapkan dengan adanya demo ini masyarakat Dusun  Sembuku dapat merealisasikan dan mempraktekan cara pembuatan fermentasi pakan ternak di kala musim kemarau. 

“Dengan adanya sosialisasi dan kegiatan pelatihan pembuatan fermentasi pakan ternak di dusun Sembuku, saya selaku dukuh Sembuku mengucapkan terimakasih banyak kepada mahasiswa dan mahasiswi yang sudah memberikan pengetahuan tentang teknologi fermentasi pakan, yang dimana teknologi fermentasi pakan ini sangat di perlukan oleh warga sembuku karena mayoritas warga kami beternak dan bertani, dengan adanya sosialisasi dan demo pembuatan pakan fermentasi yang di sampaikan oleh mahasiswa kkn Universitas Mercu Buana Yogyakarta, apa yang sudah di sampaikan oleh mahasiswa semoga kami bisa mempraktekan pembuatan fermentasi pakan dirumah masing-masing.” Ujar Astuti selaku dukuh Sembuku.

“Semoga dengan adanya mahasiswa kami yang mensosialisasikan teknologi fermentasi pakan, warga masyarakat sembuku bisa terbantu dalam hal susahnya pakan ternak di musim kemarau.” Ujar Imam Suharjo, S.T.,M.Eng. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 11 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.