YBM BRILIAN - Human Initiative Resmikan Sistem Air Bersih di Empat Kabupaten


GUNUNGKIDUL - JOGJABERKABAR.ID (29/11/2022), Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) berkolaborasi dengan Human Initiative menyelenggarakan acara peresmian Program Sistem Air Bersih (SAB) yang dilaksanakan di empat Kabupaten meliputi Kab. Gunungkidul, Kab. Bantul, Kab. Klaten, dan Kab. Wonogiri. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari YBM BRILiaN, Pimpinan Cabang BRI, Human Initiative, Camat, Lurah, dan juga warga sekitar. 

Pembangunan sistem air bersih di keempat wilayah tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar. Sebelumnya di wilayah tersebut mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Beberapa penyebabnya diantaranya, jauhnya sumber air bersih dari pemukiman warga, air sumur mengandung kapur dan kekeringan di musim kemarau. 

Melalui program ini sebanyak195 KK(780 jiwa) dari empat Kabupaten tersebut bisa tercukupi kebutuhan air bersihnya.

Warga yang mendapatkan manfaat dari program Sistem Air Bersih sangat bahagia karena sumber air bersih dapat diakses dengan mudah.

"Pada kesempatan tersebut, Pemerintah setempat berharap dengan adanya program SAB ini dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam rumah tangga, meningkatkan kreativitas warga dengan mengembangkan usaha pertanian maupun perikanan sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat, dan dapat mengurangi angka stunting khususnya di Dusun Karang, Kalurahan Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul", ungkap Puji selaku jawatan sosial Kapanewon Gedangsari.

Perwakilan dari pihak YBM BRILiaN, dalam kegiatan tersebut juga mengungkapkan harapannya agar program SAB dapat dikelola dengan baik dan bisa memberikan manfaat berkelanjutan untuk warga masyarakat.
 
Zainudin Abdullah dari YBM BRILiaN, berpesan "sistem air bersih yang telah dibangun harap dikelola dengan baik karena ini bagian dari zakat, sehingga bisa tepat sasaran."

Perwakilan Human Initiative dalam kesempatan tersebut juga berpesan agar program ini benar-benar dijaga, sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama hingga turun temurun nantinya. Seperti yang diungkapkan oleh Agus Triyono, Kepala Cabang Human Initiative DIY, “Mari kita mensyukuri nikmat yang Allah berikan ini dengan menjaganya, salah satunya dengan menjaga kekompakan, menaati aturan yang sudah disusun dan disepakati bersama dari seluruh masyarakat yang ada agar kebermanfaatan program ini dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Sampai anak cucu kita”.

"Wujud syukur yang lain juga dengan terus menjaga kelestarian alam dan lingkungan, menanam pohon yang dapat menyimpan air dengan baik, membuat sumur resapan agar air terus terjaga", pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.