Fantastis, Proyek Jalan SEMIN – Tambakromo Telan Hampir Rp 10 Miliyar

SEMIN,(JOGJABERKABAR.ID) Proyek rekontruksi jalan kabupaten ruas jalan Semin – Tambakromo selesai dikerjakan. Peresmian proyek yang menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK) ditandai dengan lari “Fun Run” sejauh 4 kilometer, Selasa (20/12/2022).

Fun Run yang diikuti oleh bupati, kepala OPD, Kapanewon dan masyarakat mengambil start di Balai Padukuhan Klepu, Tambakromo, Ponjong dan finis di Balai Padukuhan Jelok, Desa Pundungsari, Semin diikuti oleh ratusan pelari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan, ruas jalan Semin – Tambakromo memiliki panjang 14 Kilometer. Anggaran DAK Tahun 2022 hanya bisa melakukan penanganan sepanjang 4,7 Kilometer.

“Pengerjaan talud pasang batu, drainase, pondasi, pengerjaan aspal serta beton bahu jalan menelan anggaran Rp. 9.926.622.000,” kata Irawan.

Irawan juga mengatakan, DAK Tahun 2022 oleh pusat dipriorotaskan untuk interkoneksi wilayah terisolir. Pihaknya berharap untuk tahun depan DAK ditujukan untuk wilayah wisata dan cotage di Gunungkidul

“Terus kita dorong, utamanya untuk wilayah jalan wisata menggunakan DAK agar jalan semakin lebar dan besar,” paparnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan panjang jalan Kabupaten mencapai 1.136 kilometer. Saat ini sepanjang 286 kilometer dinyatakan rusak berat. Pihaknya menekankan perbaikan jalan masih menjadi prioritas.

“Terus kita intervensi, pembangunan saat ini kita prioritaskan kepada daerah yang memang benar memiliki kerusakan yang parah,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengatakan, Tahun 2023 infrastruktur jalan khusunya mulai Patuk, Semin, Ponjong akan terkoneksi dengan baik. Sehingga akan banyak muncul sport tourism yang bisa dinikmati wisatawan.

“Contohnya ruas jalan Pundungsari, Semin hingga Tambak Romo, Ponjong ini. Kita bisa menggelar Lari “Fun Run” disini. Medan dan pemandanganya masuk,” paparnya. (G1)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.