KKN UNISRI Ajarkan Ketrampilan Kerajinan Tangan Manfaatkan Barang Bekas

BOYOLALI,(JOGJABERKABAR.ID) - Umumnya limbah stik eskirm dibuang oleh anak-anak yang tidak mengetahui jika stik bekas eskrim dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan yang berguna dan memiliki nilai. 

Melihat ini mahasiswa prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Surakarta melakukan pelatihan kepada anak anak SD 02 Kenteng Boyolali. 

Ibnu memberikan pengajaran kerajinan tangan dari stik ice cream ini dilaksanakan pukul 10.00 WIB pada siswa di SD N 2 Kenteng kegiatan ini ditunjukkan kepada siswa kelas 4 yang beranggotakan 20 orang, yang mana siswa membuat keterampilan yaitu membuat wadah pensil dari stick ice cream . 

Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang beranggotakan masing-masing 5. Pada saat pembuatan wadah pensil dari stick ice cream para siswa membuat bentuk yang berbeda-beda.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa pemahaman yang lebih luas lagi mengenai pemanfaat stick ice cream  yang dapat dimanfaatkan sebagai keterampilan kerajinan tangan dan dapat mengembangkan kreativitas pada siswa di SD N 2 Kenteng. 

"Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi para siswa di SD untuk mengembangkan dan mengasah kreativitas para siswa dalam pembuatan sebuah kerajinan tangan yang berguna."ungkap Ibnu.(07/08)

"Supaya siswa SD N 2 Kenteng dapat memanfaatkan barang apapun untuk menjadi kerajinan yang berguna dan bermanfaat, dan juga dapat memberi pemahaman bagi siswa untuk peduli lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas dan juga memberikan pemahaman bahwa barang bekas yang dimanfaatkan dapat mengurangi sampah dan menjaga kebersihan lingkungan."imbuhnya.

Sasaran yang ingin dicapai yaitu terwujudnya kreativitas para siswa dalam mengolah dan memanfaatkan barang disekitar menjadi kerajinan tangan yang berguna. Alasan utama penulis membuat program kerja memanfatkan stick ice cream adalah supaya siswa dapat menngetahui bahwa barang di sekitar dapat di jadikan sebuah kerajinan yang bermanfaat. Dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar kita tentu saja menjadi tergerak untuk membuat kerajinan lain seperti , memanfaatkan barang bekas juga dapat menghemat kepada siswa SD supaya dapat mengurangi pengeluaran membeli barang-barang baru. Uangnya pun dapat dipakai untuk kebutuhan lain. Misalnya, dari pada membeli wadah pensil yang baru, gunakanlah stick ice crean kemudian di cat supaya lebih menarik untuk menggantikannya. 

"Pada program kerja ini memberikan penjelasan sekaligus contoh kepada murid SD N 2 Kenteng tentang cara membuat keterampilan kerajinan tangan dengan menggunakan barang bekas dan sekaligus memberikan bantuan yang di perlukan dalam proses pembuatan kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang di sekitar."pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.