Pioner Kampung Kurang Sampah, Desa Kertawangi Bersama Steve ewon

BANDUNG, (JOGJABERKABAR.ID) - Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, menjadi Pioner sebagai  Kampung Kurang Sampah di Kecamatan Cisarua kabupaten Bandung Barat .Warga di sana di berikan edukasi dan  diarahkan agar bisa memilah dan memilih sampah serta  mendaur ulang produksi sampah menjadi tepat guna dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Desa yang berpapasan langsung  dengan objek wisata Curug Pelangi itu pada awalnya di bantaran tanah milik Perhutani sangat banyak sampah berserakan, dengan ide Pemerintah Desa Kertawangi warga diarahkan untuk mengelola sampah tersebut menjadi biogas.

Desa ini adalah satu - satunya di Kabupaten Bandung Barat yang sangat konsen terhadap sampah. Yanto atau yang lebih akrab dipanggil Steve ewon kepala Desa yang terjun langsung memberi contoh kepada Masyarakat bagaiamana mengelola sampah dengan baik. Karena beliau adalah aktivis lingkungan dan Presenter acara di salah satu stausiun tv swasta di Indonesia.

"Dari sanalah saya menyampaikan bahwa kekurangan sampah untuk biogas agar bisa tetap berjalan, jadi lah Kampung Kurang Sampah," ungkap Yanto.(16/02/2022)

Dia mengatakan, program tersebut bisa berjalan berkat kesepakatan 300 KK yang sudah mau memilah sampah baik organik dan anorganik.

"Yang organik menjadi bahan baku energi terbarukan untuk gas, sisanya jadi kompos. Kalau plastik tidak bisa daur ulang, untuk sementara dibakar," pungkasnya.(Fatih)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.