Masuk Musim Penghujan Dan Antisipasi La Nina, KSB Marga Jaya Tingkatkan Kapasitas Anggotanya

Gunungkidul (Jogjaberkabar.id)-Gunungkidul salah satu Kabupaten di selatan kota Yogyakarta yang memiliki geografis berbukit-bukit. tak hanya itu, Gunungkidul juga berbatas langsung dengan Samudera Hindia sehingga kerawanan bencana menjadi persoalan tersendiri bagi Kabupaten yang berjuluk Handayani ini.

Untuk kebencanaan di Kabupaten Gunungkidul sendiri lebih di dominasi bencana alam seperti tanah longsor dan angin puting beliung selain itu juga sering terjadi adanya bencana non alam seperti kebakaran dan bencana non alam lainnya.

Dari bencana alam tanah longsor dan puting beliung dan juga bencana non alam yang kerap terjadi maka di butuhkan tim reaksi cepat dalam kebencanaan. Idealnya Kalurahan harus memiliki kampung siaga bencana (KSB), baik sebagai pencegahan, penanganan pada saat bencana maupun penanganan paska bencana.

Menindaklanjuti himbauan BMKG akan masuknya musim penghujan dan timbulnya La Nina pada tahun ini, maka kampung siaga bencana KSB Marga Jaya Kalurahan Pilangrejo, Kapanewon Nglipar melakukan peningkatan kapasitas anggotanya.

Ketua KSB Marga Jaya Kalurahan Pilangrejo Is Pawarta mengatakan peningkatan kapasitas ini guna mempersiapkan anggota KSB dalam penanganan bencana yang kerap terjadi di Kalurahan Pilangrejo.

"Kegiatan ini untuk mempersiapkan dalam mengantisipasi datangnya siklus La Nina yang telah di perkirakan oleh BMKG, karena wilayah Kalurahan Pilangrejo ini memiliki rawan bencanaan yang cukup membahayakan," kata Is Pawarta kepada Jogjaberkabar.id, Minggu, (31/10).

Is Pawarta berharap dengan kegiatan peningkatan kapasitas anggota KSB Marga Jaya maka meningkat pula kesadaran masyarakat Kalurahan Pilangrejo akan kebencanaan, dan juga peningkatan kesiap siagaan masyarakat akan datangnya bencana alam yang kerap kali terjadi di Kalurahan Pilangrejo.

Kampung Siaga Bencana (KSB) sendiri adalah wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dijadikan kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana yang berpegang pada peraturan menteri sosial Nomor 129/HUK/2008.

KSB Marga Jaya Kalurahan Pilangrejo sendiri telah terbentuk sejak 2015 dan telah melakukan kegiatan kebencanaan yang terjadi tidak hanya di Kalurahan Pilangrejo namun juga melakukan kegiatan kebencanaan di luar Kalurahan Pilangrejo.

Tak sampai di situ KSB Marga Jaya juga telah memiliki gudang logistik dalam melakukan kebencanaan.

WAP

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.