Kalurahan Pilangrejo Bagikan Sertifikat PTSL Secara Parsial



Gunungkidul (Jogjaberkabar.id)-
Upaya memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat atas Hak kepemilihan tanah dan mendorong percepatan program reformasi agraria, maka pemerintah pusat membuat program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Dalam mendukung program pemerintah ini Kalurahan Pulangrejo, Kapanewon Nglipar membagikan 1513 sertifikat tanah bagi masyarakatnya.

Kegiatan pembagian sertifikat tanah yang di lakukan pemerintah pilangrejo secara parsial ini di mulai dari Kamis,(6/10). Hal tersebut di karenakan menghindari terjadinya kerumunan massa.

"Pembagian 1513 sertifikat tanah ini di lakukanan secara parsial atau bertahap di mulai dari kamis kemarin, dan kegiatan pembagian sertifikat program ptsl ini kami lakukan seminggu 2 kali dan perharinya di bagikan 150 sertifikat, kami melakukan hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan di masa pandemi," kata Is Pawarta Jogoboyo Kalurahan Pilangrejo.

Pemberkasan program ptsl di Kalurahan Pilangrejo ini di langsukan sejak tahun 2020 lanjut Is Pawarta kepada Jogjaberkabar.id di sela pembagian sertifikat di balai Kalurahan Pilangrejo. Jumat, (8/10).

Ia berharap dengan selesainya pembagian sertifikat ini masyarakat dapat memanfaatkan dengan bijaksana, Is Pawarta juga mengatakan dengan tercapainya program ptsl dapat meminalisir konflik pertanahan di Kalurahan Pilangrejo.

"Dengan selesainya program ptsl ini kami pemerintah Kalurahan berharap agar masyarakat mampu mendapatkan kejelasan atas hak tanahnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan yang jelas dengan pembagian sertifikat ini dapat meminimalisir konflik pertanahan di kalurahan kami," tegas Is Pawarta

PTSL sendiri diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018. program ini telah berjalan sejak tahun 2018 dan direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025.

Sementara itu Minto (70) warga Kalurahan Pilangrejo masyarakat yang mengikuti program pendaftaran tanah sistematis lengkap mengatakan sangat terbantukan dengan program ptsl tersebut, ia juga menambahkan memiliki kepastian hukum atas tanah yang di milikinya.

"Saya senang dengan sudah kami terimanya sertifikat saya, sehingga dengan keberadaan sertifikat ini selain kejelasan tanah saya, juga kami pergunakan untuk jaminan ke bank pak," ungkap Minto.

(WAP)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.