Anggaran Permakanan masyarakat Isoman Menipis, Wakil Bupati Gunungkidul : Kami Terus Berkoordinasi



Gunungkidul, (jogjaberkabar.id)-Meningkatnya lonjakan masyarakat  yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar covid-19 membuat semakin menipisnya anggaran bantuan Permakanan bagi masyarakat yang Melakukan isolasi mandiri.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait mengenai anggaran bantuan bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

"Sedang di upayakan, kami beberapa kali berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini dengan Dinas Kesehatan dan Dinas sosial untuk memastikan data-data kekurangan saranan dan prasarana terutama dari sisi kesehatan, obat-obatan dan juga bantuan lainnya," kata Wakil Bupati Gunungkidul saat meninjau vaksinasi di puskesmas Ngawen 1, pada Kamis, (15/7).

Menanggapi wacana telah di izinkan nya pengunaan dana keistimewaan Yogyakarta untuk penanganan covid-19 oleh kementrian keuangan republik Indonesia, Heri Susanto mengatakan terus melakukan komunikasi intens dengan pemerintah provinsi DIY.

"Kami terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemprov DIY mengenai hal itu (Dana keistimewaan), bila memang itu bisa di lakukan bisa menjadi angin segar bagi kami pemerintah Kabupaten Gunungkidul, karena anggaran yang ada sudah habis terkena refokusing semua," imbuhnya.

Sementara itu Panewu Ngawen Slamet Winarno di sela-sela mendampingi Wakil Bupati Gunungkidul melakukan kunjungan ke puskesmas Ngawen I mengatakan saat ini anggaran logistik permakanan bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri sangat menipis. Slamet menambahkan bantuan permakanan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri selama ini di ambilkan dari alokasi Dana Desa yang peruntukan nya bukan hanya penanganan covid-19 semata.

"Anggaran logistik permakanan masyarakat isoman ini sangat penting, untuk saat ini anggaran bantuan logistik permakanan masyarakat isoman ini kami ambilkan dari alokasi Dana Desa, di setiap Kalurahan, bila ini lonjakan kasus covid-19 terus dan banyaknya masyarakat yang isolasi mandiri semakin meningkat kami mau menganggarkan dari mana lagi," kata Slamet Winarno.

Slamet berharap Dinas sosial dapat segera mencarikan bantuan bagi masyarakat yang saat ini melakukan isolasi mandiri, seperti apa yang telah di utarakan Wakil Bupati Gunungkidul.

"Untuk memenuhi kebutuhan logistik permakanan masyarakat isoman ini saya berharap Dinas sosial dapat melaksanakan apa yang di intruksikan Bupati dan Wakil Bupati, saya rasa di setiap Kapanewon atau di Kalurahan sama seperti yang di alami Kapanewon Ngawen, jadi Dinsos segera lakukan intruksi Bupati Gunungkidul," tegas Slamet.

Di hari yang sama sebelumnya Forkompinkap Kapanewon Ngawen melakukan sosialisasi dan pembekalan dan pemberdayaan kesehatan dalam rangka membantu pemantauan bagi masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri, sosialisasi dan pembekalan ini di lakukan di Balai Kalurahan Sambirejo.
(WAP)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.