Rani Widayati : Permasalahan Sosial Masyarakat Harus Mendapatkan Penanganan Serius

Karangmojo, (jogjaberkabar.id)- permasalahan sosial masyarakat di antaranya masih Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Gunungkidul menjadi perhatian tersendiri bagi Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD provinsi DIY Rani Widayati, saat melakukan kunjungan kerja di Kalurahan Kelor dan Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo. Rabu, (23/6).

Dalam kunjungan kerja Rani Widayati mengatakan peran pemerintah harus lebih memperhatikan permasalahan sosial masyarakat khususnya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan lebih memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahaya dari kekerasan perempuan dan anak.

"Memang saat ini pemerintah sudah memberikan sangsi berat kepada pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak, namun langkah preventif adalah langkah yang lebih bijak, salah satu nya dengan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," kata Rani Widayati.

Kekerasan terhadap perempuan dan anak menurut Rani bukan hanya kekerasan berbentuk fisik, namun juga kekerasan verbal dan psikologis, ia juga menegaskan permasalah sosial pada masyarakat ini banyak faktor penyebabnya sehingga peran DPRD dan pemerintah melakukan indentifikasi awal dan mencarikan solusi nya.

Untuk kasus penelantaran anak sendiri Rani berpendapat banyak faktor yang melatar belakangi kasus ini diantaranya kurang harmonis nya hubungan suami istri, atau pernikahan dini sehingga belum siapnya pasangan muda dalam melalui proses rumah tangga. 

"Untuk kasus penelantaran anak ini banyak sekali faktor nya baik yang di lakukan pasangan yang sudah lama berumah tangga atau kurang siapnya pasangan muda dalam menjalani kehidupan berumah tangga, apa lagi saat ini krisi yang di sebabkan oleh covid-19 ini menambah faktor tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Rani Widayati akan terus konsen terhadap permasalahan-permasalahan sosial masyarakat khususnya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

(WAP)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.