Di Desa Ramah Lansia,Simbah Mendapatkan Layanan Kesehatan Berkala


GUNUNGKIDUL, (JOGJABERKABAR.ID) (4/4). Sebanyak 33 lansia mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma di Pos Lansia Husnul Khotimah  yang menjadi basis dilaksanakannya program Desa Ramah Lansia Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul D.I Yogyakarta pada Ahad pagi (4/4/21).

Tim dari UPT Puskesmas Semanu II yang diwakili dr.Anita Fathku,Bidan Isti,dan Sulisti diawal kegiatan memberikan penyuluhan kesehatan tentang jurus sehat Rasulullah dan praktik pijat sendiri yang mendapat sambutan sangat antusias dari para lansia yang hadir. Setelah penyuluhan kesehatan, para simbah kemudian mendapatkan layanan kesehatan berupa cek tensi,timbang berat badan,cek metabolik kolesterol dan gula darah yang dilakukan bidan Isti dibantu 4 kader lansia yang selanjutnya lansia mendapatkan layanan konsultasi kesehatan dan resep obat dari dr.Anita. Hasilnya ada 16 lansia yang direkomendasikan untuk memeriksakan lanjutan ke UPT Puskesmas Semanu II dan 27 lansia mendapatkan obat gratis. Sambil menunggu giliran pengecekan,para lansia menikmati fadilitas di taman lansia atau active zone seperti dua spot kolam ikan terapi, jogging track/jalan terapi hati, bermain 3 unit outdoor,serta bersantai duduk-duduk di kursi tunggu berbahan bambu penuh canda ria.

"Alhamdulillah,bisa dicek lagi tensi sama kolesterolnya,dapat obat gratis  untuk jaga-jaga biar tetep sehat,terima kasih ibu-ibu dari Puskesmas dan Rumah Zakat"Kesan Mbah Kastomo

Ratno selaku fasilitator Rumah Zakat Desa Pacarejo mengungkapkan bahwa layanan kesehatan bagi lansia di Pos Lansia Husnul Khotimah ini dilakukan rutin setiap satu bulan sekali. Kolaborasi antara Rumah Zakat dan Puskesmas Semanu II diharapkan mampu menghadirkan layanan kesehatan bagi lansia sesuai kebutuhan,termasuk sinergi dengan unsur pemangku kepentingan lainnya.

"Program Desa Ramah Lansia adalah program bersama antara Rumah Zakat, Pemerintah Desa Pacarejo, Puskesmas Semanu II, dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Semanu untuk menghadirkan desa yang mampu mewadahi lansia untuk mendapatkan lingkungan sosial dan fisik yang mendukung kebutuhannya agar tetap sehat,aktiv,produktif dan bahagia "Pungkas Ratno

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.