Rumah Zakat Giatkan Gerakan Subuh Berjamaah Untuk Pacarejo Yang Lebih Berkah

SEMANU, (JOGJABERKABAR.ID) - Minggu (21/03) Setelah libur lebih dari satu tahun karena wabah covid-19, pagi ini Ahad Tanggal 21 Maret 2021 Rumah Zakat untuk yang kedua kalinya kembali menggelar Gerakan Subuh Berjamaah bertempat di Masjid Nurul Jannah Padukuhan Wilayu nagian Klanting , Kalurahan Pacarejo , Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gerakan yang diinisiasi Rumah Zakat melalui Ratno selaku fasilitator Kalurahan Pacarejo ini pertama sekali dilaksanakan pada 1 Juli 2018 dengan tema besar Dari Masjid untuk Pacarejo yang Lebih Berkah dengan berkeliling ke suluruh wilayah Desa Pacarejo yang memiliki 50 masjid di 28 Padukuhan.

Namun akibat wabah covid-19 tepatnya pada putaran 68 pada Ahad Tanggal 15 Maret 2020 menjadi putaran terakhir karena kebijakan pembatasan aktivitas massal termasuk pembatasan ibadah sholat berjamaah di masjid. Gerakan Subuh Berjamaah bersama Rumah Zakat di Kalurahan Pacarejo kembali digaungkan dan dilaunching oleh Lurah Pacarejo  Suhadi pada tanggal 7 Maret 2021 di Mushola Nuur Hidayah Padukuhan Jetis Kulon wilayah Bulu.


"Melihat kondisinya yang semakin membaik,kita akan terus menggiatkan Gerakan Subuh Berjamaah ini dengan mensyiarkan *Kembali Ke Masjid* memakmurkamnya dengan sholat berjamah dan menerapkan protokol kesehatan, harapanya masjid akan kembali ramai dikunjungi warga tanpa alasan korona, jadi untuk Ahad pagi ini di Masjid Nurul Jannah sudah masuk putaran ke 70. In syaa Allah kalau kita istoqomah sholat berjamaah di masjid maka keberkahan akan Allah limpahkan ke semua warga Pacarejo,aamiin" Ungkap Ratno. (21/03)

Pada kesempatan subuhan kali ini, Rumino salah satu anggota komunitas Rencang Pegiat Subuh Berjamaah Kalurahan Pacarejo yang juga menjabat Kepala Dukuh Trukan Ngampo memandu acara. Sedangkan Lurah Pacarejo  Suhadi yang memberikan tausiyah banyak berpesan seputar pentingnya menjaga hati dalam hidup bermasyarakat terutama berinteraksi dengan handphone/smartphone agar terwujud kehidupan di Desa Pacarejo yang adem ayem gemah ripah loh jinawi baldatun thoyyibatun warobbun ghoffur.

"Perlu gerakan maido dewek,ben wong ki ora gur iso maido wong liyo, tapi pinter maido dewek. Menghadapi bulan Romadhon kito siakpe jiwo rogo kito,kudu pinter noto ati, kudu pinter memanfaatkan barang cilik iki (HP),nggolek berkah nopo viral?nek atine apik sing diutamaake berkah ora gur viral. Bulan Romadhon menghendaki kita mengerem utowo mengendalikan hawa nafsu ben soyo apik akhlaqe. "Pesan  Suhadi.

Di sesi akhir,para jamaah yang hadir diajak mempraktikan sholat sunnah isyraq dua rakaat yang memiliki keutamaan berpahala umrah. Sebagai penutup dan menjadi ciri khas Gerakan Subuh Berjamaah Rumah Zakat adalah sarapan berjamaah *sego wungkus godhong jati atau sego berkat* sebagai upaya untuk meningkatkan keakraban dan ukhuwah jamaah. Untuk putaran ke 71,  in syaa Allah akan dilaksanakan pada 4 April di Mushola Al Hidayah Dusun Jasem Lor. (HR) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.