Pemuda Klayar Bersama WP ERT Lakukan Reboisasi & Konservasi Sumber Mata Air

NGLIPAR, (JOGJABERKABAR.ID) - Sabtu (06/03/2021) Dimasa pandemi ini tidak menyurutkan semangat berbuat untuk kelestarian alam salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan Pemuda Padukuhan Klayar bersama Wani Perih Emergency Response Team melakukan reboisasi dan konservasi sumber mata air dengan penanaman ratusan pohon beringin di sepanjang anak sungai di areal Wisata Klayar , Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar dan tiga titik sumber mata air.

Tugiran selaku koordinator kegiatan menjelaskan bahwa tujuan dari giat tersebut adalah untuk Konservasi Mata air, pencegahan tanah longsor dan menambah produksi Oksigen, penanaman pohon sudah dilakukan empat tahunan yang lalu baik tanaman keras maupun tanaman buah. 

"Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala dan semoga bisa bermanfaat kedepannya. " Pungkas Tugiran. (06/03) 

Selain sering melakukan penaman pohon Pemuda Klayar juga aktif di pelestarian habitat air terutama ikan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat pengawas (Pokmaswas) dengan melakukan penebaran bibit ikan & sidat, membuat papan larangan menangkap ikan dengan strum dan racun.

"Kita harus bergandeng tangan setiap elemen masyarakat agar program pelestarian ini bisa digencarkan terus dan mampu mengedukasi masyarakat. "(Gp)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.