"Nguri-uri" Olahraga Panahan, Paguyuban Jemparing Pametri Projo Lakukan Gladen Alit Selapanan


NGAWEN, (JOGJABERKABAR) - Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sehingga perlu adanya pelestarian nya seperti yang di lakukan komunitas jemparingan Pametri Projo Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Ngawen.

Lurah Sambirejo Paryati dalam sambutannya mengatakan sebagai masyarakat jawa yang menjunjung tinggi adat dan tradisi harus lah mampu melestarikan budaya, karena budaya memiliki makna lebih luar di bandingkan kesenian. Jadi olahraga jemparingan adalah olahraga budaya di mana olahraga dan olah rasa di jadikan menjadi satu dalam olahraga ini.

"Kita harus mampu mempertahankan budaya, dan jemparingan ini adalah budaya," kata Paryati saat di temui Jogjaberkabar.id dalam acara Gladen Alit selapanan di sasana jemparingan Pametri Projo Sabtu, (20/3).

Sementara itu ketua paguyuban jemparingan Pametri Projo Banteng Purwanto menjelaskan Gladen Alit selapanan ini di adakan selain untuk melestarikan budaya olahraga jawa juga untuk menjalin silaturahmi sesama penjemparing yang ada.

"Gladen Alit selapanan ini untuk mengasah kemampuan kita dalam melakukan jemparing karena dengan Gladen Alit selapanan ini kita juga menjalin rasa kekeluargaan sesama pen jemparing," ungkap Banteng Purwanto.

Ia pun menambahkan dalam agenda kegiatan Gladen Alit selapanan ini di ikuti oleh beberapa paguyuban jemparingan dari daerah jogja, solo, Sukoharjo dan Wonogiri.
"Kami mengundang beberapa paguyuban jemparingan di sekitar Gunungkidul ada paguyuban kipas solo, paguyuban jemparing Brotodiningrat, paguyuban jemparing Sabrang Archery, paguyuban jemparing Langen astro, Ardjo kliwon, Joyo Pengrawit bahkan saudara besar kami dari paguyuban jemparing Kalurahan Bendung Patri Jiwo kami undang untuk melakukan Gladen Alit selapanan ini," terang Banteng.

Banteng berharap dari kegiatan ini dapat memupuk kecintaan kepada olahraga budaya, sehingga ia meminta kepada pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga dapat membantu dan mendorong dalam kegiatan-kegiatan seperti ini.(WAP) 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.