Kini Di Pacarejo Semanu Setelah Sholat Subuh Berjamaah Lansia Bisa Berolahraga

SEMANU, (JOGJABERKABAR.ID) - Selasa (23/03) Pemandangan menakjubkan terlihat di Pos Lansia Husnul Khotimah di Dusun Jetis Kulon Kalurahan Pacarejo Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Para lansia di sekitar Pos Lansia Husnul Khotimah saat ini bisa memanfaatkan fasilitas taman lansia/active zone untuk berolahraga dan terapi setiap pagi setelah lansia menunaikan sholat subuh berjamaah di masjid dekat lokasi. Seperti yang dilakukan 7 lansia yang penuh semangat dan ceria pada Selasa pagi ini (23/02/2021).   

Setibanya di lokasi,para lansia biasanya mengawali dengan berjalan di jogging track/jalan terapi hati. Lansia berjalan di atas bebatuan alam hasul berukuran kecil yang dibuat membentuk karakter hati.  Jalan terapi ini diyakini mampu membuat persendian terutama di kaki sehat dan enak serta mempu memperbaiki berbagai syaraf.

Setelah beberapa menit melakukan pemanasan di jogging track,selanjutnya para lansia berolahraga memanfaatkan tiga unit permainan outdoor berupa sepeda statis,genjotan,dan olah otot lengan yang bisa dipakai untuk enam orang secara bersamaaan. Semua alat outdoor ini dirancang dan spefikikasinya khusus dibuat untuk lansia sehingga nyaman dan mampu meningkatkan kesehatan fisik lansia. Setelah dinilai cukup berolahraga,para lansia biasanya bersantai istirahat sambil berendam kaki di kolam ikan terapi sambil membahas seputar pertanian palawija dan topik lain seputar obrolan khas orang desa.
"Penak ming awak,pokokmen saiki bar sholat subuh tak mampir mboko pirang menit,sing penting awaku sehat" Ungkap Mbah Mardiyo (75th)

Ratno selaku fasilitator Rumah Zakat di Kalurahan Pacarejo menjelaskan bahwa fasilitas taman lansia atau active zone  ini sengaja dibangun untuk meningkatkan aktivitas fisik para lansia terutama di Pos Lansia Husnul Khotimah yang menjadi pusat atau basis dari program Desa Ramah Lansia Rumah Zakat.

"Harapannya,para lansia yang  berjumlah 38 anggota ini semakin bersemangat beribadah terutama sholat subuh berjamaah di masjid kemudian lansia bisa berolahraga di taman lansia sehingga lansia akan semakin aktiv,sehat,produktif dan bahagia. "pungkasnya.(HR) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.