Gelar Musrenbang RKPD, Sleman Fokuskan Pemulihan Ekonomi dan Kondisi Sosial

SLEMAN, (JOGJABERKABAR.ID) - Mewabahnya Covid-19 sampai saat ini, memberikan dampak bagi banyak sektor di wilayah Sleman. Dalam mengatasi dampak tersebut, diperlukan adanya percepatan pemulihan ekonomi dan kondisi sosial masyarakat. Percepatan kebangkitan ekonomi dan pemulihan kondisi sosial masyarakat Sleman ini kini menjadi salah satu fokus pembahasan penting dalam perencanaan pembangunan tahun 2022 di Kabupaten Sleman.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam pembukaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022 di Ballroom The Rich Hotel, Senin (29/3).

Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa mewabahnya COVID-19 ini memaksa semua level pemerintahan, baik pusat maupun daerah untuk melakukan koreksi terhadap rencana pembangunan yang telah ditetapkan.

Menurutnya, perubahan rencana pembangunan tersebut merupakan penyesuaian rencana sebagai bentuk adaptasi terkait perlunya penanganan Covid-19 dan keharusan tetap menjalankan pembangunan. Kustini menyebut perlu adanya penyesuaian yang tepat dan kebijakan yang terukur dalam menangani Pandemi COVID-19.

“Penyesuaian yang tepat dan kebijakan yang terukur dalam menangani Pandemi COVID-19 kita harapkan akan menjadi titik awal untuk pemulihan,” katanya.

Adapun pemulihan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat Sleman yang dimaksud dalam perencanaan pembangunan tahun 2022 yaitu meliputi penguatan modal bagi pelaku UMKM terdampak, pelatihan untuk menghasilkan nilai tambah atau pendapatan, padat karya, menjaga ketersediaan pangan, memulihkan kunjungan wisatawan, membangun kembali jejaring pasar untuk produk pelaku usaha dan mengefektifkan penyediaan  jejaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak.

Dalam mewujudkan pemulihan kondisi tersebut, Kustini Sri Purnomo juga mendorong partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Kabupaten Sleman untuk berembug bersama, memformulasikan rencana pembangunan tahun 2022.

“Melalui upaya-upaya bersama ini, diharapkan kegiatan pembangunan di Sleman tahun 2022 benar-benar sesuai dengan kebutuhan, permasalahan dan aspirasi masyarakat,” ujar Kustini Sri Purnomo.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.